Enkripsi dan Dekripsi


Kriptografi adalah ilmu dan seni untuk menjaga kerahasiaan berita [bruce Schneier – Applied Cryptography]. Selain pengertian tersebut terdapat pula pengertian ilmu yang mempelajari teknik-teknik matematika yang berhubungan dengan aspek keamanan informasi sepertikerahasiaan data, keabsahan data, integritas data, serta autentikasi data [A. Menezes, P. van Oorschot and S. Vanstone – Handbook of Applied Cryptography]. Tidak semua aspek keamanan informasi ditangani oleh kriptografi.

Ada empat tujuan mendasar dari ilmu kriptografi ini yang juga merupakan aspek keamanan informasi yaitu :

  • Kerahasiaan
  • Integritas data
  • Autentikasi
  • Non-repudiasi

Sekarang saya akan share sebuah aplikasi yang hampir mirip fungsi-nya, yaitu mengubah kalimat yang diinputkan oleh kita menjadi kalimat yang sulit  di baca, aplikasi ini memiliki dua pilihan:

  1. yaitu untuk mengubah kalimat biasa (plain text) menjadi kalimat sandi (chiper text) yang sering di sebut dengan enkripsi.
  2. Yaitu untuk mengubah kalimat yang di sandikan (chiper text) menjadi kalimat biasa (plain text) yang sering di seebut dekripsi.

Aplikasi ini bisa di gunakan untuk menyandikan pesan kepada seseorang agar orang lain tidak dapat mengetahui isi pesan tersebut, Untuk aplikasi nya monggo di download (disini) << link mati sepertinya telah di hapus karena di anggap virus oleh 4shared.

Oh iya aplikasi ini menggunakan bahasa c++ bila ingin melihat koding-nya disini.

Ini Contoh enkripsi sebuah kalimat

Ini Contoh Dekripsi sebuah kalimat

Semoga Artikel Ini Bermanfaat,,,,,

11 respons untuk ‘Enkripsi dan Dekripsi

Tinggalkan komentar